Langsung ke konten utama

Cara Melepas dan Memasang Katup

Cara melepaskan katup:

  1. Tekanlah pegas katup dengan memakai alat penekan pegas katup, kemudian keluarkan kunci penahan pegas katup dan lepaskan pegas katup.
  2. Bukalah secara berturut - turut pegas katup, oil seal pegas katup, penahan pegas katup, cincin pelat dan katupnya dari kepala silinder.
Cara melepaskan katup

Cara memasang katup adalah kebalikan dari melepaskan katup :

  1. Pasanglah mekanisme dari pelatuk katup. Pasanglah pegas - pegas tekan, pelindung pegas ( oil seal) dan penahan pegas katup pada batang katup tersebut. Kemudian lengkapilah peralatan penunjang lainnya pada porosnya, setelah itu pasanglah pegas pegas penahan kerucut dan pegas tirus pada ujung dari poros pelatuk katup tersebut.
Catatan: 
Pada waktu memasang pelatuk - pelatuk katup ( rocker arm ) perhatikan letak dari lekukan pada ujungnya dan jangan sampai terbalik pada waktu memasangnya.
Cara memasang katup adalah kebalikan dari melepaskan katup

Kerusakan - kerusakan dari katup:

  1. Kedudukan piring katup pecah atau rusak
  2. Batang katup rusak atau mengecil
  3. Batang katup bengkok dan melengkung

Kedudukan piring katup pecah akan mengakibatkan:

  • Tenaga kompresi mesin menjadi bocor 
  • Mesin sangat sukar untuk dihidupkan
  • Hidupnya mesin tidak normal
  • Bahan bakar pemakaiannya sangat boros
Perbaikannya:
Apabila piring katup hanya rusak sedikit saja, maka perbaikannya biasanya dengan cara menskir katup lagi dengan memakai pasta amril. Tetapi jika piring katup pecah, maka perbaikannya harus diganti dengan katup baru. Setiap kali mengganti katup walaupun baru harus diadakan skir katup dengan tujuan supaya kedudukan piring katup bisa merapat dengan kedudukan katup dari kepala silinder mesin tersebut.

Batang Katup rusak atau mengecil

  1. Kedudukan batang katup menjadi longgar di dalam bosnya.
  2. Pergerakan batang katup goyang dan tidak stabil.
  3. Minyak oli mesin cepat habis sebab merembes masuk ke ruang bakar.
  4. Ruang bakar mesin cepat kotor
  5. Permukaan kepala torak cepat kotor  dengan karbon arang.
Perbaikannya:
Jika batang katup sudah aus, maka harus diganti dengan yang baru. Dan pada waktu mengganti katup baru sebaiknya bos katup diganti baru juga.

Batang katup bengkok dan melengkung:

  1. Bergeraknya batang katup di dalam bos katup seret atau macet sama sekali.
  2. Hidupnya mesin menjadi tidak normal dan terasa berat.
Perbaikannya:
Jika batang katup bengkok dan melengkung sebaiknya batang katup masuk diganti dengan yang baru.

Komentar

.

Postingan populer dari blog ini

LOGO SMK TEKNOLOGI INDONESIA

Penerimaan Peserta Didik Baru 2020/2021

Game SAD SATAN

Pada tahap awal di game ini, kamu akan berdiri di sebuah ruangan yang gelap dan temboknya ada gambar bunga2. Warna dalam game ini hanya 2. Hitam dan putih. keanehan mulai terjadi saat kamu masuk ke lorong. Akan ada banyak suara2 gak jelas disana siniDan nanti juga akan ada sekelebat foto2 yang aneh yang mungkin kalau kita gunakan akal sehat dan membuat jantungmu agak lumayan lah buat senam jatung..wkwkkw. dan foto2 tersebut gak ada hubungan nya sama game ini. Sad Satan ialah game yang menurut saya cerita nya bener2 misterius, gak jelas saat awal bermain,  dan mengandung beberapa pesan disetiap game nya. Menurut sumber yang saya dapat dari akun youtube "ObscureHorrorCorner" saat ia menemukan link download dari seorang subscriber, dia pun mencoba menerobos deep web dan menemukan file Sad Satan tersebut. dan sekarang saya akan membagi link donwload di deskripsi di bawah video ini.. Penasaran sama gamenya jangan lupa ya  link donwload di deskripsi di bawah video ini ? dan mun