Langsung ke konten utama

Cara Membaca Kode Pada Ban Mobil

Setiap produk ban memiliki kode-kode tertentu yang tertera di bagian samping luar ban. Kode yang berupa huruf dan juga angka tersebut ternyata bukan hanya sekadar variasi ban saja, tapi juga mempunyai arti.
ban mobil
Ban mobil racing – Ist
Kebanyakan orang kurang memahami kode-kode yang tertera pada ban kendaraannya. Padahal, kode tersebut juga bisa menjadi petunjuk keselamatan dalam berkendara. Mau tahu cara membaca kode pada ban mobil?

Di sisi pinggir bagian luar ban tertera angka dan huruf yang semuanya mempunyai arti tertentu. Bagi Anda yang masih belum tahu cara membaca maksud dari angka dan huruf tersebut, berikut ada penjelasannya, seperti dikutip dari Kompas.com.

1. Ukuran ban

Misalkan di ban mobil Anda terdapat kode 185/70R15 80S (setiap ban punya kode berbeda), cara membacanya adalah:
- “185” menunjukkan lebar telapak ban dengan satuan milimeter, bukan diameter ban. Semakin besar angkanya, maka semakin lebar telapaknya.
- “70” menunjukkan tinggi ban dalam satuan persen dari telapak ban. Tinggi ban bisa diukur dari bibir pelek sampai telapak ban yang menempel ke permukaan aspal.
- “R” menunjukkan konstruksi ban ini radial.
- “15” menunjukkan diameter dari pelek yang sesuai. Artinya, pelek yang sesuai untuk ban dengan kode “15” ini berukuran 15 inci.
- “80” mewakili beban maksimum yang bisa ditopang setiap ban. Angka tersebut memiliki load capacity sebesar 450 kg.
- “S” melambangkan batas kecepatan maksimum ban ini dipacu. Kode H punyai arti batas maksimum 180 km/jam.

2. Usia ban

Ban juga mempunyai batas kadaluarsa, umumnya 3 tahun dari tanggal produksi atau sudah menempuh jarak 60 ribu km. Setiap pabrik ban mempunyai pengkodean yang berbeda-beda. Misalnya, 1913 yang berarti diproduksi minggu ke-19 tahun 2013. Biasanya kode ini terletak di bibir ban dekat pelek.
contoh tread wear
Treadwear Indicator – Ist

3. Treadwear Indicator

Tradwear Indicator adalah batas dari ketebalan ban. Tanda ini terletak persis di kedua sisi bunga ban. Biasanya terdapat garis tebal yang membentang di antara selah bunga ban. Jika ketebalan ban sudah menyentuh garis tersebut, maka ban sudah harus diganti.
KODE KECEPATAN BAN
kode    Kec. maks (km/jam)
 P                   150
Q                  160
R                  170
S                  180
T                  190
H                  210
V                 240
W                270
Y               >300
LOAD CAPACITY
Kode          Beban Maksimum (kg)
 62                          265
63                          272
64                          280
66                          300
68                          315
70                          335
73                          365
75                          387
80 – 89              450 – 580
90 – 100            600 – 800

Komentar

.

Postingan populer dari blog ini

LOGO SMK TEKNOLOGI INDONESIA

Penerimaan Peserta Didik Baru 2020/2021

Game SAD SATAN

Pada tahap awal di game ini, kamu akan berdiri di sebuah ruangan yang gelap dan temboknya ada gambar bunga2. Warna dalam game ini hanya 2. Hitam dan putih. keanehan mulai terjadi saat kamu masuk ke lorong. Akan ada banyak suara2 gak jelas disana siniDan nanti juga akan ada sekelebat foto2 yang aneh yang mungkin kalau kita gunakan akal sehat dan membuat jantungmu agak lumayan lah buat senam jatung..wkwkkw. dan foto2 tersebut gak ada hubungan nya sama game ini. Sad Satan ialah game yang menurut saya cerita nya bener2 misterius, gak jelas saat awal bermain,  dan mengandung beberapa pesan disetiap game nya. Menurut sumber yang saya dapat dari akun youtube "ObscureHorrorCorner" saat ia menemukan link download dari seorang subscriber, dia pun mencoba menerobos deep web dan menemukan file Sad Satan tersebut. dan sekarang saya akan membagi link donwload di deskripsi di bawah video ini.. Penasaran sama gamenya jangan lupa ya  link donwload di deskripsi di bawah video ini ? dan mun